Sabtu, 07 Juli 2012

Makam Keramat Gunung Sindur

Situs Sejarah dan Makam Keramat Mbah Lurah Kalurahan

Makam Mbah Lurah Kalurahan (Aki, Nyai Buyut Kalurahan) terletak di Kampung Kalurahan Desa Pabuaran Kec. Gunung Sindur Bogor  adalah merupakan situs sejarah yang sangat berharga yang kini keberadaannya tidak tersentuh oleh orang banyak. Bagi masyarakat kampung kalurahan Makam tersebut dianggap makam bersejarah dan keramat bagi warga, yang kini makam tersebut menjadi misteri siapakah Mbah Lurah dan Ibu Lurah Kalurahan.
Nama kampung kalurahan bersumber dari nama makam tersebut yang kini semakin pesat perkembangan serta pertumbuhan masyarakatnya sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah yang sudah ada kemajuan dibidang insfrastruktur pembangunan jalan serta tatanan masyarakat yang lebih maju.
Kehidupan masyarakat kampong kalurahan kebanyakan adalah petani dan pekerja buruh lepas yang mengandalkan kepada hasil pertanian dan lapangan kerja yang ada. Seiring dengan perkembangan zaman serta teknologi kini warga masyarakat sudah banyak anak-anak mereka yang bersekolah tinggi yang dulu konon hanya berpendidikan pesantren kini sudah menyenyam pendidikan tinggi, mudah-mudahan kemajuan serta pertumbuhan khususnya Kampung Kalurahan Desa Pabuaran Kec. Gunung Sindur Kab. Bogor ini lebih maju.
Berhubungan dengan Kampung Kalurahan dahulu ada yang disebut kampong Cisawang, ini adalah berdekatan sekali dengan Kampung Kalurahan yang kini keberadaannya telah hilang dan mulai dilupakan kebanyakan dari Kampung Cisawang ini adalah berketurunan tionghoa yang hidup rukun dengan warga setempat, mereka menjaga adat, kerukunan beragama serta saling hidup bergotong royong. Masyarakat kampong Cisawang selalu berinteraksi dengan warga Kampung Kalurahan kehidupan mereka sama kebanyakan mereka bertani. Namun kini hanya kenangan karena infrstruktur dari Kampung tersebut kini telah hancur merata seperti lautan termakan zaman dan derasnya pergusuran lahan akibat dari oknum pengusaha yang ingin meraup keuntungan tanpa memerhatikan lingkungan serta kurangnya kesadaran masyarakat.
Kini tinggal kenangan nama Cisawang mulai dilupakan satu-satunya pemersatu adalah situs makam Mbah Lurah yang menjadi benteng Kampung Kalurahan yang keberadaannya masih berdiri kokoh tidak ada satupun yang bisa merusak dan membongkar kampong ini. Nama Kalurahan adalah Karuhun bagi kalangan orang sunda yang erat hubungannya dengan kerajaan Sunda Padjajaran yang kini situs Mbah Lurah Kampung Kalurahan belum terjamah dan perhatian dari Dinas Purbakala, Arkeologi Kota Bogor. Hanya kalangan-kalangan tertentu yang dapat mengetahui dan berziarah kemakam ini, nama Kalurahan seperti asing terdengar tetapi Masyur keberadaannya bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.
Dahulu sering diadakannya tradisi BABARITAN bagi Kampung kalurahan acara tersebut biasanya diadakan kalau terjadi lini, tradisi tersebut adalah merupakan wujud syukur kepada sang pencipta bahwa kita harus selalu mengingat serta beribadah kepada Allah SWT, jangan melupakan kenikmatan sesungguhnya didunia ini tidak ada yang sempurna. Acara BABARITAN biasanya diadakan setahun sekali yang sudah menjadi tradisi bagi warga Kampung Kalurahan biasanya diadakan pada hari Jum’at setelah sholat Jum’at warga berduyun-duyun sambil membawa tumpeng ke Makam Mbah Lurah. Acara tersebut biasanya dengan membacakan tahlil, tahmid dan bermunajat kepada sang pencipta agar terhindar dari bahaya dan musibah. Namun saat sekarang acara tersebut sudah mulai dilupakan oleh warga masyarakat. Mudaha-mudahan acara tersebut jangan hanya diadakan kalau terjadi lini aja tetapi bisa dilestarikan setahun sekali sebagai ajang silaturahmi antar warga dan seluruh komponen masyarakat khususnya Desa Pabuaran dan Aparatur setempat. Ayo lestarikan budaya daerah angkat dan harumkan serta jaga Situs Mbah Lurah Kalurahan karena situs tersebut ada bukan terjadi begitu saja tetapi ada maksud dan tujuan yang terkandung didalamnya yang kini keberadaanya hampir dilupakan.
Karena situs-situs tersebut mempunyai hubungan dengan wilayah yang ada yang mempunyai hubungan erat dengan silsilah dan falsafah bangsa dan ini mencerminkan adanya keragaman budaya tradisi bangsa antara budaya satu dengan budaya yang lain, bahwa kita hidup harus rukun, damai dan saling berdampingan serta menjaga kerukunan umat beragama tanpa mendahulukan kepentingan pribadi atau golongan.
Bila dihubungkan dengan peristiwa kerusuhan di makam keramat Mbah Priok yang merupakan situs sejarah seharusnya membuka mata bangsa ini tentang bagaimana memperlakukan dan melestarikan peninggalan sejarah yang diwariskan oleh para pendahulu kita.
Sebagai orang yang selama beberapa tahun ini rajin berkunjung dan menziarahi situs-situs sejarah atau makam keramat nenek moyang terutama yang berhubungan dengan sejarah Sunda maka saya sangat memahami betapa pentingnya pelestarian peninggalan nenek moyang (karuhun dalam bahasa Sunda). Banyak orang yang berkata sinis dan nyinyir ketika saya rajin berkunjung ke tempat-tempat tersebut.
” Orang mati saja masih kamu urusi “
” Apa yang kamu cari dari situs-situs sejarah atau makam-makam keramat tersebut “
” Musyrik Cech, masih senang saja main sama setan “
” Cari pesugihan Cech “
” Klenik, irasionil kok dikejar-kejar “
” Mau cepat kaya Cech “
Itulah beberapa kalimat yang dilontarkan terhadap diri saya. Tetapi semuanya saya anggap angin lalu karena saya pikir mereka tidak mengerti apa niat saya berkunjung atau berziarah ke tempat-tempat tersebut. Sebagaimana anjuran Rasulullah SAW kepada umatnya untuk melakukan ziarah kubur dan mendoakan para orang tua kita yang telah meninggal maka saya rajin melakukan ziarah. Disamping itu saya banyak mendapatkan ilmu dan pelajaran tentang arti sebuah sejarah terutama sejarah diri, warisan, buah karya dan amal ibadah yang dilakukan oleh para pendahulu pada masa hidupnya dahulu. Dari situlah saya berusaha untuk bersikap arif dan banyak belajar bagaimana sikap dan perbuatan yang baik dari leluhur dalam menghadapi sebuah persoalan.
Intinya saya banyak mengerti tentang sejarah para leluhur yang dahulu sangat dihormati karena kewibawaannya, kepemimpinannya, kewelas asihannya, keimanannya, dan lebih utama lagi saya belajar tentang sejarah/identitas diri. Saya ada saat ini darimana asalnya, siapa orang tua-orang tua saya sebenarnya dan masih banyak lagi.
Ada beberapa hal yang kadangkala membuat saya miris. Misalnya banyak museum sejarah di daerah yang menyimpan beberapa peninggalan sejarah nenek moyang seperti keris, tongkat, tombak, alat musik, tarian, lukisan, mahkota dan lain-lain. Semua benda tersebut begitu dibangga-banggakan dan dirawat dengan sangat amat khusus perlakuannya. Tetapi ketika ditanya siapa yang menciptakan dan dimana makam orang-orang atau nenek moyang yang menciptakan benda-benda tersebut, kebanyakan mereka tidak bisa menjawab. Lha kalau kagum dengan hasil cipta, rasa dan karsanya maka sudah sewajarnya bahkan seharusnya mereka juga harus tahu dimana para leluhur yang membuat benda-benda bersejarah tersebut dimakamkan. Tetapi yang terjadi kebanyakan bingung dan minim informasi tentang keberadaan makam-makam leluhur. Dan hanya bisa prihatin/menyesal tanpa berbuat apapun ketika tahu makam-makam leluhur yang biasanya disertai dengan peninggalan sejarah akan digusur atau dihilangkan dari muka bumi dengan berbagai alasan oleh pemerintah ataupun pihak ketiga yang mempunyai kekuatan uang.
Perlu diketahui, dengan adanya makam keramat dan situs sejarah sebetulnya justru menghidupkan roda perekonomian warga sekitar yang ketempatan situs sejarah tersebut. Contohnya saja makam-makam Wali Sanga (terutama pada acara Ziarah Wali Sanga), makam Bung Karno di Blitar, Dayeuh Luhur di Sumedang, Candi Borobudur, Candi Prambanan dan sebagainya. Kebanyakan penduduk sekitar mendapatkan keuntungan ekonomi dari kunjungan para penziarah. Dan inipun juga inisiatif dan kreatifitas warga sekitar yang dulunya tidak mendapatkan perhatian pemerintah daerah. Pemerintah daerah baru bergerak atau memberikan fasilitas ketika tahu adanya perputaran kegiatan ekonomi. Ironis.
Rasanya sudah cukup saya menyampaikan kegusaran hati selama ini. Berikut saya akan sampaikan beberapa info penting tentang situs-situs sejarah yang disertai dengan makam-makam leluhur. Tapi mohon maaf kalau info ini hanya terbatas kepada sejarah Sunda karena memang itulah yang saya mengerti. Saya berharap Kompasianers yang mengetahui tentang situs/makam sejarah leluhur dari daerah lain seperti Mataram, Majapahit, Sriwijaya, Makasar, Batak, Bali, Sumba dan sebagainya bisa tergugah hatinya untuk memberikan informasi lewat tulisan di Kompasiana ini.
Para Leluhur Orang Sunda dan Makam-makamnya
  1. Pangeran Jayakarta (Rawamangun Jakarta)
  2. Eyang Prabu Kencana (Gunung Gede, Bogor)
  3. Mbah Lurah Kalurahan (Gunung Sindur – Bogor)
  4. Syekh Tubagus Atief Muhammad bin Sultan Agung Tirtayasa (Serpong)
  5. Syekh Jaenudin (Bantar Kalong)
  6. Syekh Maulana Yusuf (Banten)
  7. Syekh Hasanudin (Banten)
  8. Syekh Mansyur (Banten)
  9. Aki dan Nini Kair (Gang Karet Bogor)
  10. Syekh Djatullah Kahfi (Cirebon)
  11. Eyang Dalem Darpa Nangga Asta (Tasikmalaya)
  12. Eyang Dalem Yuda Negara (Pamijahan Tasikmalaya)
  13. Prabu Naga Percona (Gunung Wangun Malangbong Garut)
  14. Raden Karta Singa (Bunarungkuo Gn Singkup Garut)
  15. Embah Braja Sakti (Cimuncang, Lewo Garut)
  16. Embah Wali Tangka Kusumah (Sempil, Limbangan garut)
  17. Prabu Sada Keling (Cibatu Garut)
  18. Prabu Siliwangi (Santjang 4 Ratu Padjadjaran
  19. Embah Liud (Bunarungkup, Cibatu Garut)
  20. Prabu Kian Santang (Godog Suci, garut)
  21. Embah Braja Mukti (Cimuncang, Lewo Garut)
  22. Embah Raden Djaenuloh (Saradan, Jawa Tengah)
  23. Kanjeng Syekh Abdul Muhyi (Pamijahan Tasikmalaya)
  24. Eyang Siti Fatimah (Cibiuk, Leuwigoong Garut)
  25. Embah Bangkerong (Gunung Karantjang)
  26. Eyang Tjakra Dewa (Situ Lengkong, Pandjalu Ciamis)
  27. Eyang Prabu Tadji Malela (Gunung Batara Guru)
  28. Prabu Langlang Buana (Padjagalan, Gunung Galunggung
  29. Eyang Hariang Kuning (Situ Lengkong Pandjalu Ciamis)
  30. Embah Dalem Salinggih (Cicadas, Limbangan Garut)
  31. Embah Wijaya Kusumah (Gunung Tumpeng Pelabuhan Ratu)
  32. Embah Sakti Barang (Sukaratu)
  33. Syekh Abdul Rojak Sahuna (Ujung Kulon Banten)
  34. Prabu Tjanar (Gunung Galunggung)
  35. Sigit Brodjojo (Pantai Indramayu)
  36. Embah Giwangkara (Djayabaya Ciamis)
  37. Embah Haji Puntjak (Gunung Galunggung)
  38. Dewi Tumetep (Gunung Pusaka Padang, Ciamis)
  39. Eyang Konang Hapa/Embah Wrincing Wesi (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  40. Embah Terong Peot/Batara Cengkar Buana (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  41. Embah Sanghyang Hawu/Embah Djaya Perkosa (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  42. Embah Nanggana (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  43. Prabu Geusan Ulun (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  44. Nyi Mas Ratu Harisbaya (Dayeuh Luhur, Sumedang)
  45. Eyang Anggakusumahdilaga (Gunung Pusaka Padang Ciamis)
  46. Eyang Pandita Ratu Galuh Andjarsukaresi (Nangerang)
  47. Embah Buyut Hasyim (Tjibeo Suku Rawayan, Banten)
  48. Eyang Mangkudjampana (Gunung Tjakrabuana, Malangbong Garut)
  49. Embah Purbawisesa (Tjigorowong, Tasikmalaya)
  50. Embah Kalidjaga Tedjakalana (Tjigorowong, Tasikmalaya)
  51. Embah Kihiang Bogor (Babakan Nyampai, Bogor)
  52. Aki Wibawa (Tjisepan, Tasikmalaya)
  53. Embah wali Mansyur (Tomo, Sumedang)
  54. Prabu Nagara Seah (Mesjid Agung Tasikmalaya)
  55. Sunan Rumenggang (Gunung Batara Guru)
  56. Embah Hadji Djaenudin (Gunung Tjikursi)
  57. Eyang Dahian bin Saerah (Gunung ringgeung, garut)
  58. Embah Giwangkarawang (Limbangan Garut)
  59. Nyi Mas Layangsari (Gunung Galunggung)
  60. Eyang Sunan Cipancar (Limbangan garut)
  61. Eyang Angkasa (Gunung Kendang, Pangalengan)
  62. Embah Kusumah (Gunung Kendang, Pangalengan)
  63. Eyang Puspa Ligar (Situ Lengkong, Panjalu Ciamis)
  64. Kimandjang (Kalapa 3, Basisir Kidul)
  65. Eyang Andjana Suryaningrat (Gunung Puntang Garut)
  66. Gagak Lumayung (Limbangan Garut)
  67. Sri Wulan (Batu Hiu, Pangandaran Ciamis)
  68. Eyang Kasepuhan (Talaga Sanghiang, Gunung Ciremai)
  69. Aki manggala (Gunung Bentang, Galunggung)
  70. Ki Adjar Santjang Padjadjaran (Gunung Bentang, Galunggung)
  71. Eyang Mandrakuaumah (Gunung Gelap Pameungpeuk, Garut)
  72. Embah Hadji Muhammad Pakis (Banten)
  73. Eyang Boros Anom (Situ Lengkong, Pandjalu Ciamis)
  74. Embah Raden Singakarta (Nangtung, Sumedang)
  75. Raden Rangga Aliamuta (Kamayangan, Lewo-Garut)
  76. Embah Dalem Kasep (Limbangan Garut)
  77. Eyang Imam Sulaeman (Gunung Gede, Tarogong)
  78. Embah Djaksa (Tadjursela, Wanaraja)
  79. Embah Wali Kiai Hadji Djafar Sidik (Tjibiuk, Garut)
  80. Eyang Hemarulloh (Situ Lengkong Pandjalu)
  81. Embah Dalem (Wewengkon, Tjibubut Sumedang
  82. Embah Bugis (Kontrak, Tjibubut Sumedang)
  83. Embah Sulton Malikul Akbar (Gunung Ringgeung Garut)
  84. Embah Dalem Kaum (Mesjid Limbangan Garut)
  85. Mamah Sepuh (Pesantrean Suralaya
  86. Mamah Kiai hadji Yusuf Todjiri (Wanaradja)
  87. Uyut Demang (Tjikoneng Ciamis)
  88. Regregdjaya (Ragapulus)
  89. Kiai Layang Sari (Rantjaelat Kawali Ciamis)
  90. Embah Mangun Djaya (Kali Serayu, Banjarnegara)
  91. Embah Panggung (Kamodjing)
  92. Embah Pangdjarahan (Kamodjing)
  93. Syekh Sukri (Pamukiran, Lewo Garut)
  94. Embah Dipamanggakusumah (Munjul, Cibubur)
  95. Aki Mandjana (Samodja, Kamayangan)
  96. Eyang Raksa Baya (Samodja, Kamayangan)
  97. Embah Dugal (Tjimunctjang (
  98. Embah Dalem Dardja (Tjikopo)
  99. Embah Djaengranggadisastra (Tjikopo)
  100. Nyi Mas Larasati (Tjikopo)
  101. Embah Dalem Warukut (Mundjul, Cibubur)
  102. Embah Djaya Sumanding (Sanding)
  103. Embah Mansur Wiranatakusumah (Sanding)
  104. Embah Djaga Alam (Tjileunyi)
  105. Sembah Dalaem Pangudaran (Tjikantjung Majalaya)
  106. Sembah Dalem Mataram (Tjipantjing)
  107. Eyang Nulinggih (Karamat Tjibesi, Subang)
  108. Embah Buyut Putih (Gunung Pangtapaan, Bukit Tunggul)
  109. Embah Ranggawangsa (Sukamerang, bandrek)
  110. Eyang Yaman (Tjikawedukan, Gunung Ringgeung Garut)
  111. Embah Gurangkentjana(Tjikawedukan, Gunung Ringgeung Garut)
  112. Embah Gadjah Putih (Tjikawedukan Gunung Wangun)
  113. Ratu Siawu-awu (Gunung Gelap, Pameungpeuk Sumedang)
  114. Embah Mangkunegara (Cirebon)
  115. Embah Landros (Tjibiru Bandung)
  116. Eyang Latif (Tjibiru Bandung)
  117. Eyang Penghulu (Tjibiru Bandung)
  118. Nyi Mas Entang Bandung (Tjibiru Bandung)
  119. Eyang Kilat (Tjibiru Bandung)
  120. Mamah Hadji Umar (Tjibiru Bandung)
  121. Mamah Hadji Soleh (Tjibiru Bandung)
  122. Mamah Hadji Ibrahim (Tjibiru Bandung)
  123. Uyut Sawi (Tjibiru Bandung)
  124. Darya bin Salmasih (Tjibiru Bandung)
  125. Mamah Hadji Sapei (Tjibiru Bandung)
  126. Embah Hadji Sagara Mukti (Susunan Gunung Ringgeung)
  127. Eyang Istri (Susunan Gunung Ringgeung)
  128. Eyang Dewi Pangreyep (Gunung Pusaka Padang Garut)
  129. Ratu Ayu Sangmenapa (Galuh)
  130. Eyang Guru Adji panumbang (Tjilimus Gunung Sawal)
  131. Eyang Kusumah Adidinata (Tjilimus Gunung Sawal)
  132. Eyang Rengganis (Pangandaran Ciamis)
  133. Ki Nurba’in (Sayuran, Gunung Tjikursi)
  134. Buyut Dasi (Torowek Tjiawi)
  135. Embah Buyut Pelet (Djati Tudjuh Kadipaten)
  136. Embah Gabug (Marongge)
  137. Eyang Djayalaksana (Samodja)
  138. Nyi Mas Rundaykasih (Samodja)
  139. Nyi Mas Rambutkasih (Samodja)
  140. Eyang Sanghiang Bongbangkentjana (Ujung Sriwinangun)
  141. Eyang Adipati Wastukentjana (Situ Pandjalu Ciamis)
  142. Eyang Nila Kentjana (Situ Pandjalu, Ciamis)
  143. Eyang Hariangkentjana (Situ Pandjalu Ciamis)
  144. Embah Dalem Tjikundul (Mande Cianjur)
  145. Embah Dalem Suryakentjana (PantjanitiCianjur)
  146. Embah Keureu (Kutamaneuh Sukabumi)
  147. Ibu Mayang Sari (Nangerang Bandrek Garut)
  148. Eyang Prabu Widjayakusumah (Susunan Payung Bandrek Garut)
  149. Embah Sayid Kosim (Gunung Alung Rantjapaku)
  150. Embah Bang Sawita (Gunung Pabeasan Limbangan Garut)
  151. Uyut Manang Sanghiang (Banten)
  152. Eyang Ontjar (Nyampai Gunung Bungrangrang)
  153. Eyang Ranggalawe (Talaga Cirebon)
  154. Ibu Siti Hadji Djubaedah (Gunung Tjupu Banjar Ciamis)
  155. Mamah Sepuh ((Gunung Halu Tjililin Bandung)
  156. Embah Sangkan Hurip (Ciamis)
  157. Embah Wali Abdullah (Tjibalong Tasikmalaya)
  158. Mamah Abu (Pamidjahan Tasikmalaya)
159.                      Embah Dalem Panungtung Hadji Putih Tunggang Larang Curug Emas (Tjadas Ngampar Sumedang)
  1. Raden AstuManggala (Djemah Sumedang)
  2. Embah Santiung (ujung Kulon Banten)
  3. Eyang Pandita (Nyalindung Sumedang)
  4. Embah Durdjana (Sumedang)
  5. Prabu Sampak Wadja (Gunung Galunggung Tasikmalaya)
  6. Nyi Mas Siti Rohimah/Ratu Liongtin (Jambi Sumatera)
  7. Eyang Parana (Kulur Tjipatujah, Tasikmalaya)
  8. Eyang Singa Watjana (Kulur Tjipatujah, Tasikmalaya)
  9. Eyang Santon (Kulur Tjipatujah, Tasikmalaya)
  10. Eyang Entjim (Kulur Tjipatujah, Tasikmalaya)
  11. Eyang Dempul Wulung (Djaga Baya Ciamis)
  12. Eyang Dempul Walang (Djaga Baya Ciamis)
  13. Eyang Giwangkara (Djaga Baya Ciamis)
  14. Embah Wali Hasan (Tjikarang Bandrek, Lewo Garut)
  15. Embah Raden Widjaya Kusumah (Tjiawi Sumedang)
  16. Dalem Surya Atmaja (Sumedang)
  17. Eyang Rangga Wiranata (Sumedang)
  18. Eyang Mundinglaya Dikusumah (sangkan Djaya, Sumedang)
  19. Eyang Hadji Tjampaka (Tjikandang, Tjadas Ngampar Sumedang)
  20. Eyang Pangtjalikan (Gunung Ringgeung Garut)
  21. Eyang Singa Perbangsa (Karawang)
  22. Embah Djaga Laut (Pangandaran)
  23. Raden Ula-ula Djaya (Gunung Ringgeung Garut)
  24. Raden Balung Tunggal (Sangkan Djaya, Sumedang)
  25. Syekh Haji Abdul Ghorib di Cibeas, Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya
185.                      Eyang Prabudilaya di tengah pulau Situ Gede, Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya
186.                      Dalem Sakarembong (Nyai Karembong) di Bantar, Kota Tasikmalaya
187.                      Eyang Dipa Manggal yang tak lain dan tak bukan adalah Eyang Prabu Tajimalela
188.                      Eyang Rangga Wulung di Tarikolot Cimande
189.                      Eyang Kerta Singa di Cimande
190.                      Ki Bonda Kusuma di Kp. Payangan, Kranggan
191.                      Ki Rangga di Kp. Jatirangga, Kranggan
192.                      Mbah Raden,
193.                      Ki Buyut Laut
194.                      Ki Bondan Kusuma
195.                      Prabu Tajimalela
196.                      Prabu Lembu Agung
197.                      Prabu Batara Anggara
198.                      Prabu Tarumanagara
199.                      Prabu Walang Sungsang Cakrabuana
200.                      Prabu Munding Wangi
201.                      Prabu Kian Santang
202.                      Prabu Geusan Ulun
Makam-makam diatas baru sebagian kecil saja yang bisa disampaikan. Masih banyak lagi situs sejarah dan makam keramat yang tidak dapat disebutkan satu per satu.

12 komentar:

  1. Saya mencari makam eyang Nyai Seda, yang konon kabarnya di gunung sindor. Apa benar ada makam dengan nama tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH.RIJI kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasang togel,hasil ritual MBAH RIJI meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH RIJI lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH RIJI orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 082 388 362 128 -MBAH RIJI ,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai dan sudah terbukti.

      Hapus
    2. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

      Hapus
  2. Makam Eyang NYai Seda yang dimaksud adalah Makam Nyai Rambut Cisadane yang lokasinya ada di Kampung Kalurahan Desa Pabuaran Kec. Gunung Sindur Bogor dekat aliran kali Cisadane arah Cisawang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya. apakah ada peninggalan secara tertulis mengenai beliau Nyai Seda atau Nyai Rambut Cisadane? Hatur nuhun sebelumnya.

      Hapus
  3. tks infonya mudah2an bermanfaat buat kita semua amiiinn

    BalasHapus
  4. Apa benar di gunung sindur ada kramat Ki Kotok... mohon informasi nya.. trimakasih

    BalasHapus
  5. Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!






    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!




    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!

    BalasHapus
  6. Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!






    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!





    Terima kasih banyak kpd KI,AKENG...Ternyata Angka Yang KI,AKENG berikan ternyata Tembus degan anka 4D :D (7558) :D ternyata benar2 terbukti..Puji TUHAN saya mendapatkan kemenangan 157 juta..sudah banyak dukun/peramal togel yang saya mintai angka ghaib tidak ada satupun yang berhasil..AKu coba menjadi member KI,AKENG Cuman angka aki yang perna membuktikanya..jIka anda butuh angka ritual/jitu,SGP/HK..silahkan hubungi KI AKENG di :D (0_8_2_3_7_2_7_1_7_1_7_9) :D ATAU KUNJUNGI WAPsite ASLI KIAKENG KLIK, http://kiakeng.blogspot.com Demi,allah demi,tuhan ini kisanyata saya..thenk'z room'x zobat......!!

    BalasHapus
  7. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    BalasHapus
  8. RITUAL TOGEL KI_PRANA LEWU

    Apakah anda termasuk yang tercantung di bawah ini?

    1. Di Lilit Hutang

    2. Selalu kalah Dalam Bermain

    3. Barang berharga Anda udah Habis Buat Judi

    4. Anda Udah ke mana-mana tapi tidak menghasilkan Solusi yang tepat Jangan Anda Putus Asa

    kami hanya membantu anda semua dengan Angka ritual Kami>>
    angka GHOIB; singapura 2D/4D/6D/
    angka GHOIB: hongkong 2D/3D/4D/
    angka GHOIB; malaysia 4D/6D/8D/
    angka GHOIB; toto magnum 4D/5D/6D/
    angka GHOIB; laos 4D/6D/8D/
    angka GHOIB; thailan
    angka GHOIB; macau
    angka GHOIB; sidney
    angka GHOIB; korea
    angka GHOIB; cambodia

    Jika anda Membutuhkan Angka Ghoib Hasil Ritual Ki_PRANA LEWU
    di jamin Tembus 100% Hubungi Ki_PRANA LEWU di no_0_8_2_3_4_9_3_6_5_0_4_3_ terimakasi..

    BalasHapus
  9. KISAH NYATA berbagi info...
    saya belum lama ini
    bulan juni 2016
    tepat di hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)

    rumah juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    ciri-ciri: orang kurus,kulit kuning sawo,tinggi 160cm+
    melakukan pesugihan dana Goib
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon
    kuningan (jawa)
    tempat tinggal istri ke 1(TUA)
    (anak 2 cowo)
    juru kunci (PALSU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    mempunyai 3 istri
    selama menipu sebagai juru kunci PALSU 8 thn...

    tempat makam keramat&sumur keramat
    desa pagundan
    kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
    aku hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016) melakukan ritual selama 3x..(Ritual)...
    sampai aku merogoh kocek ku sebesar 35jt lebih...
    membeli CERUTU JANGKRIK (komplit)
    35pcs x 600rb = 21 jt
    mebeli sesaji (komplit):
    nasi tumpeng
    buah,menyan,kembang dll
    sebesar 14jt lebih...

    juru kunci (MENIPU KU)
    a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    alamat Rumah tinggal >>>>
    istri (MUDA) ke 2 anak 4 (3 cewek 1 laki)
    Desa sidarja
    kampung cisalak
    blok pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    Rumah a/n:Ading 36thn (PENIPU)
    yg mengaku juru kunci..
    di belakang sekolah SD negri
    turun lapangan bola
    sidaraja kuningan

    ku mengadakan Ritual dana goib
    hari jumat (10-6-2016) sampai hari minggu (12-6-2016)
    di makam keramat & sumur keramat
    di desa pagundan
    kampung dusun kliwon (KUNINGAN)
    selama 3x...(3 hari komplit sesajen)
    tepat ritual yg ke 3 hari minggu,
    juru kunci PALSU
    a/n: Ading 36thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    berkata di makam keramat,mengatakan uang dana goib,akan di antar langsung oleh arwah makam keramat
    desa pagundan
    kampung dusun kliwon (kuningan)
    tepat jam 1 malam di Rumah aku
    tggu di jembatan ke5 dekat Rumah ku

    setelah melakukan ritual yg ke3x..
    (komplit sesajen dari ke 1x-3x)
    ku lansung bergegas pulang ke Rumah
    dan ku sampai di jembatan yg ke5
    hari minggu pkl 11 malam...
    ku tunggu,sambil baca mantra panggil arwah makam keramat
    ku baca mantra sampai pkl 3 subuh (minggu 12-6-2016)
    arwah makam keramat tak kunjung hadir/datang...
    juru kunci PALSU
    a/n:Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    ku tlp&sms juru kunci palsu itu
    tidak di angkat&tidak membalas sms ku sama sekali (ku di tipu)..

    hati-hati saudara ku
    jangan mudah percaya,apa lagi baru kenal&mengaku juru kunci,paranormal,dukun dsb
    (modus penipuan)

    www.ading36thn_penipuan.com
    sekian dan terima kasih

    alamat rumah yg di tinggal&di tempati >>>>
    juru kunci (PALSU)
    a/n: Ading 36 thn (PENIPU)
    hp.081223871269
    istri (MUDA) ke 2 mempuyai
    anak 4 (cewe 3 cowo 1)
    desa sidarja
    kampung cisalak
    desa pahing
    kecamatan ciawi gebang
    kabupaten kuningan (jawa)
    di belakang SD NEGRI
    SiDARAJA KUNINGAN

    BalasHapus